Kamis, 28 Januari 2016

Internet dan aplikasi web

INTERNET DAN APLIKASI WEB
Internet
Internet atau interconnected network merupakan sistem komunnikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada diseluruh dunia yang terhubung melalui internet backbone. Menurut Verzello dalam Jogiyanto H M (2001) internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan  komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada diseluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masingbertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas  4 layer (network acces, internet, host to host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Sejarah internet
Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diselururh dunia.
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubungan untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet dapat berada dimana saja atau bahkan diseluruh indonesia.
Internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departeman Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi disatu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan.
Pemakaian internet saat ini semakin maju dan terdapat disemua bidang kehidupan sehari-hari misalnya electronic commerce, electronic government, electronic banking, electronic learning dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain manfaat yang sangat tidak terbatas, internet juga memicu munculnya kejahatan didunia cyber atau disebut cybercrime seperti penyebaran virus sampai pada tindakan kejahatan kriminal murni seperti pencurian, penipuan,dan lain sebagainya.
Sumber Daya Internet
Aplikasi yang sering digunakan antara lain Electronic Mail (Email), World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Remote Login, Telnet, Internet Relay Chat (IRC), Newsgroup.
Electronic Mail (Email)
Merupakan surat elektronik yang dikirim melalui internet. Email ini banyak digunakan karena alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaian. Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik telah dikirimkan. Para pengguna email melalui sebuah maikbox memiliki alamat sebagai pengenal agar dapat terhubung dengan mailbox lainnya. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox yang selanjutnya sipenerima mailbox dapat  mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus atau menyunting dan mengirimkan pesan email.
World Wide Web
Menurut febrianb (2007 :96) adalah fasilitas intermet yang menhubungkan dokumen dalam lingkup lovcal maupun jarak jauh,
Merupakan aplikasi internet yang paling populer. Web adalah sistem dimana infromasi dalam bentuk teks, gambar suara dan lain lain yang tersimpan dalam sebuah internet web server yang ditulis dalam format HTML. Untuk mengakses fasilitas ini dibutuhkan software yang disebut Browser Microsoft Internet Explorer.
File Transfer Protocol
Telnet  merupakan momponen klien?server yang terdapat dalam paket TCP/IP yang berfungsi untuk melakukan transfer berkas. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP.
Telnet
Merupakan komponen klien/server yang terdapat dalam paket TCP/IP yang berfungsi untuk melakukan login (masuk ke dalam suatu sistem) jarak jauh.
Internet Relay Chat (IRC)
Merupakan sumber daya internet yang memungkinkan dialog secara langsung dalam bentuk tertulis. Yang menarik dari fasilitas ini bahwa dialog ini dapat diikuti oleh banyak orang.
Newsgroup
Merupakan suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan email. Diskusi dialakukan dengan melakukan koneksi langsung ke lokasi newsgroup. Dalam hal ini tidak ada mekanisme menjadi anggota terlebih dahulu untuk mengakses newsgroup. Untuk mengakses newsgroup diperlukan perangkat lunak yang dinamakan newsreader (Uno dan Lamatenggo, 2010 ;173).
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Menurut Rijanto (2001:15) Hyper Text Transfer Protocol adalah suatu protocol yang menentukan suatu aturan yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta atau mengambilsuatu dokumen dan oleh web server dalam menyediakandokumen yang dimintaweb browser. Protocol ini merupakan protocol stamndar yang digunakan unruk mengakses dokumen HTML.

URL (Uniform Resource Locator)
Menurut Rijanto (2001:15), URC adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat, dimana alamat itu terdiri dari :
-          Protocol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi
-          Nama dari komputer dimana informasi tersebeut berada
-          Jalur/ path serta nama file dari suatu informasi
Nama urut suatu URL ada;lah sebagai berikut :
Protokol_transfer://nama_host/path/nama file
DAFTAR PUSTAKA
Sutiyadi, Muhammad. (2003). Kuliah Umum Ilmu Komputer.com
Tim Dosen Ilmu Komputer/Informatika UNDIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar